Kamis, 07 Oktober 2010

BAHASA LISAN DAN TULISAN

Sebelum kita membahas tentang bahasa Lisan tulisan kita harus tau apa itu Bahasa.
Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Bahasa memiliki berbagai definisi. Definisi bahasa adalah sebagai berikut:
1.suatu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan.
2.suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain
3.suatu kesatuan sistem makna
4.suatu kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna.
5.suatu ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh: Perkataan, kalimat, dan lain-lain.)
6.suatu sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik.

Penjelasan tentang bahasa Tulisan dan Lisan

Bahasa lisan dan tulisan jelas berbeda. Bahasa lisan yang dimaksud adalah kalimat yang diucap, sedangkan bahasa tulisan adalah kalimat yang disampaikan dalam bentuk tulisan.
Meski sudah ada tanda baca dalam bahasa tulisan, tidak sepenuhnya bisa menyampaikan sama persis dengan apa yang dimaksud oleh penulis. Fungsi tanda baca sama halnya dengan ekspresi wajah saat orang berbicara. Tanda tanya (?) mewakili sebuah keingintahuan atau pertanyaan. Tanpa tanda baca yang jelas, maksud dari bahasa tulisan tak kan sampai dan berakibat salah paham. Misal: kalimat “Sita ada dirumah?” jelas berbeda dengan “Sita ada dirumah” (tanpa tanda tanya). iya kan? Kalimat tanya berbeda dengan kalimat berita.
Penggunaan tanda baca yang benar dalam tulisan bukan berarti kita berada ‘dititik aman’ dalam berkomunikasi. Tidak bertemunya sipenulis tulisan dengan yang membaca tulisan masih menimbulkan salah paham, tidak tersampainya maksud sipenulis kepada pembaca.
Hal ini cenderung terjadi pada komunikasi melalui pesan singkat (SMS), dimana ekspresi pengirim dan penerima pesan tak jelas. Contohnya, masih ada yang belum mengerti bahwa penggunaan huruf kapital (uppercase) pada deretan huruf adalah bentuk tegas atau ekspresi marah. Belum lagi mood lawan ‘bicara’ yang tak bisa dilihat.
Yang sering terjadi bermula dari gurauan namun berakhir tersinggungnya salah satu pihak. Maksud hati ingin bergurau, karena tak paham situasi kondisi lawan bicara berakibat salah paham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar