Senin, 04 Januari 2010

Negara Korea






Korea adalah sebuah negara yang dulunya bersatu yang terletak di Semenanjung Korea di Asia Timur (di antara Tiongkok dan Jepang). Negara ini terpisah menjadi dua negara — Republik Korea (Korea Selatan) dan Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara) setelah Perang Dunia II pada tahun 1945.

Korea Selatan kemudian berkembang menjadi negara demokratis sementara Korea Utara berhaluan komunis. Bendera Persatuan Korea sering digunakan untuk merepresentasikan Korea pada ajang olahraga internasional, namun bendera tersebut bukan merupakan bendera resmi kedua negara.

Karena zaman dinasti-dinasti bersejarah sudah berakhir, istilah Korea saat ini didefinisikan berdasarkan gabungan 2 entitas yang terbagi oleh Garis Demarkasi Militer pararel 38, yakni Korea Utara dan Korea Selatan. Semenanjung Korea di sebelah utara dibatasi oleh RRT dan Rusia di sebelah timur laut, serta Jepang di sebelah tenggara yang dipisahkan dengan selat Korea.

nama

Sebutan Korea diambil dari nama dinasti Korea yang terkenal, yaitu Goryeo (935-1392). Goryeo sendiri menamai negerinya dari kependekan nama salah satu Tiga Kerajaan Korea, Goguryeo (37 SM-668 M). Dalam bahasa Tionghoa dilafalkan Gao-li dan penyebutan itu menyebar ke para pedagang Timur Tengah, dan lama kelamaan menjadi Korea. Kata Korea secara umum digunakan saat ini mengacu pada kedua negara Korea.

Dalam bahasa Korea secara Korea dinamakan Han-Guk (Korea Selatan; kependekan dari Dae Han Min Guk) dan Chosŏn oleh Korea Utara. Chosŏn adalah nama dinasti Korea terakhir (1392-1910).
Untuk penggunaan lain untuk nama keluarga Korea, lihat nama Korea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar